Tips and Trik

Tips dan Trik Menghadapi Ujian

Ada yang mengatakan bahwa ujian adalah sesuatu yang menakutkan bagi siswa. Tapi di samping itu ada pula yang begitu optimis bahwa ujian adalah suatu pertarungan diri untuk meraih keberhasilan. Pertanyaannya adalah apa yang harus kita lakukan untuk dapat lulus dari ujian itu dengan baik? Tentu saja dengan cara luruskan niat semata-mata hanya karena Allah, sempurnakan ikhtiar dengan mempersiapkan segalanya dengan matang, dan banyaklah berdoa sebelum dan setelah selsesai ujian.
Berikut adalah tips dan trik yang dapat kita lakukan ketika kita akan menghadapi Ujian:
1. Pe De aja lagi !
Semua kebersailan ataupun kesuksesan berasal dari rasa iptimisme terhadap kemampuan kita (walaupun kemampuan kita terbatas), percayalah bahwa, aku bisa!. Rasa percaya diri akan menjadi langkah awal usaha yang baik untuk mempersiapkan ujian dengan baik dan semaksimal mungkin.
2. Fokus pada Persiapan Ujian
Jangan biarkan rasa percaya diri kita hanya sebatas yakin bahwa kita bisa, kita juga tentunya harus mengambil langkah untuk fokus pada ujian yang akan dihadapi. Kesampngkan kesenangan sesaat untuk bermain game, hangout, walking-walking ama temen-temen, dan talking-talking tentang kejelekan orang lain, dan yang peling penting kurangi bertemu ama pacar ( itupun kalo punya).
3. Susun Jadwal Belajar dengan Baik
Supaya gak bingung dalam mempersiapkan ujian ujian, segera menyusun jadwal belajar dengan baik. Tulis materi pelajaran yang akan dipelajarai bserta waktunya. Jadwal belajar yang rapi tentunya akan membantu kita menguasai setiap mata pelajaran. So, gak ada alasan untuk kita suteresu desu alias stres bukan?. Yang penting lagi hilangkan sistem kebut semalam. Jadi selagi masih ada waktu dari sekarang susun jadwal dengan baik dan cicil belajar untuk setiap mata pelajran.
4. Buat Catatan Kecil
Setelah menyususn jadwal belajar dengan baik, untuk menghindari sistem kebut semalam, kuasailah materi pelajaran dengan baik. Buatlah catatan-catatan kecil yang berisi pola-pola penting dari materi pelajaran yang kita pelajari. Tapi INGAT, catatan-catatn kecil itu jangan dijadikan bahan cotekan!. Gunakanlah hanya sebatas pembantu pengingat mata pelajaran yang kita pelajari, kita bisa membacanya di mana pun kita berada kecuali ruang ujian.
5. Tumbuhkan Motivasi dalam Diri
Selain kita harus Pe De, kita juga harus memiliki motivasi. Dengan demikian, ketika rasa bosan atau muncul masalah, kita tetap termotivasi untuk tetap belajar dengan baik guna berhasil dalam ujian.
6. Tekun dalam Persiapan
Ketekunan akan mengarahkan setiap orang pada jalur keberhasilan! Ketekuanan akan mengingatkan setiap orang bahwa kegagalan maupun persoalan hidup tetap dipecahkan! Jadikanlah ketekunan sebagai pengingat bahwa setiap ujian perlu dipersiapkan dengan matang, tidak boleh setengah-setengah.
7. Jangan Mudah Berputus Asa
Ketekunan akan semakin berarti jika kita tidak mudah putus asa. Ketika mengerjakan soal-soal latihan yang sulit, misalnya, kita tidak mudah menyerah. Bahkan, kita memahami bahwa sesuatu keberhasilan membutuhkan proses.
8. Tenangkan Hati dan Pikiran
Jadwal belajar sudah diatur dengan baik. Percaya diri kita sudah baik. Kitapun sudah tekun dalam persiapan ujian dan tidak mudah putus asa pula. Agar persiapan makin sempurna, ketika ujian mulai mendekat, inilah yang perlu kita jaga adalah ketenangan hati dan pikiran. Why ?
-Dengan ketenangan hati dan pikiran, kita akan mudah memfokuskan diri pada ujian.
-Dengan ketenangan hati dan pikiran, percaya diri kita akan semakin terjaga dan tidak mudah goyah.
-Dengan ketenangan hati dan pikiran, motivasi kita untuk lulus ujian tidak akan hilang.
-Dengan ketenangan hati dan pikiran, ketekunan kita akan semakin bertambah dan kita akan lebih mudah menyelesaikan soal-soal ujian.
-Dengan ketenangan hati dan pikiran, kita tidak akan mudah putus
9. Let’s pray
Yang satu ini juga gak boleh kita lupakan. Doa dapat menguatkan setiap langkah yang membutuhkan penguatan, termasuk dalam hal ujian. Persiapan kita dalam menghadapi ujian akan sia-sia ketika kita meninggalkan doa. So, jangan hanya berdoa saat ujian. Rangkaikanlah semua persiapan yang kita lakukan dengan lantunan doa dari hati yang paling dalam.

Please try…and good luck!

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s